Dijual Tanah Jln. Gunung Agung Den...
Tanah Dijual di Denpasar
Harga Hubungi Kami Nego
  • LT: 300 m2
  • LB: 0 m2
  • KT: 0
  • KM: 0
Jual Beli Tanah Kavlingan Lokasi P...
Tanah Dijual di Malang
Rp 100.000.000
DIJUAL APARTEMEN dengan View Hampa...
Apartment Dijual di Balikpapan
Harga Hubungi Kami Nego
  • LT: - m2
  • LB: - m2
  • KT: -
  • KM: -
Dijual Tanah Kavlingan Perumahan W...
Tanah Dijual di Surabaya
Harga Hubungi Kami
DIJUAL Rumah Strategis Murah Jakar...
Rumah Dijual di JAKTIM
Rp 18.000.000 Nego
  • LT: 895 m2
  • LB: 200 m2
  • KT: 4
  • KM: 2
Jual Beli Tanah Kavlingan Perumaha...
Tanah Dijual di Balikpapan
Harga Hubungi Kami
Jual Beli Tanah Kavlingan Lokasi G...
Tanah Dijual di Balikpapan
Harga Hubungi Kami
Dijual Tanah Di Buana Kubu Denpasa...
Tanah Dijual di Denpasar
Harga Hubungi Kami Nego
  • LT: 300 m2
  • LB: 0 m2
  • KT: 0
  • KM: 0
DIJUAL TANAH UNTUK RUKO DI TANJUNG...
Tanah Dijual di Bontang
Rp 1.600.000.000
  • LT: 11.5 x (23-22.65) m2
  • LB: - m2
  • KT: -
  • KM: -
Beranda » Blog » Dua Belas Langkah Dalam Membeli Property

Dua Belas Langkah Dalam Membeli Property

Dipublish pada 16 Maret 2020 | Dilihat sebanyak 0 kali | Kategori: Blog

Dua Belas Langkah Dalam Membeli Properti

Artikel ini merupakan pengalaman pribadi penulis saat membeli rumah yang sudah jadi dan kavling siap bangun dan sudah bersertifikat SHM secara berturut-turut dengan 1 orang atas nama pemilik. langsung. Penulisan artikel ini hanya dibatasi pada sisi penulis sebagai pihak pembeli, bukan sebagai pihak penjual ataupun sebagai pihak perantara jual beli. Dan jual beli dilakukan secara peorangan ke pemilik langsung, bukan melalui perusahan developer atau pengembang.

Apabila anda ingin membeli rumah untuk ditempati oleh anda dengan keluarga sendiri, ini berarti properti tsb. akan anda gunakan untuk jangka waktu yang panjang, bahkan mungkin seumur hidup. Kenali dan pertimbangkan risiko finansial, risiko waktu dan risiko-risiko lainnya.

Sebelum memutuskan untuk membeli, perhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Informasi property, informasi bisa didapatkan melalui iklan jual beli online, informasi dari teman atau kerabat, atau melihat langsung iklan/banner property yang akan dijual. Jika anda menginginkan lokasi tertentu, sementara anda berada di lokasi yang cukup jauh, informasi bisa didapatkan dari jual beli secara online. Usahakan berkomunikasi langsung dengan pemilik. Apabila anda berkomunikasi dengan perantara, minta mereka untuk mempertemukan anda dengan pemilik sesuai dengan nama yang tercantum dalam sertifikat SHM.
  2. Survey lokasi, untuk mempelajari situasi area di sekitar lokasi ada baiknya anda datang ke lokasi sendiri tanpa perantara/pemilik. Hal ini penting untuk mengetahui lebih awal situasi dan kondisi area di sekitar lokasi properti yang anda inginkan. Catatlah hal-hal penting yang menurut anda menarik untuk dikonfirmasikan nanti ke pemilik. Ambil beberapa gambar ataupun video untuk anda pelajari dan diskusikan dengan keluarga di rumah lebih lanjut. Jika anda tertarik dengan lokasi dan area sekitar yang sudah anda survey, anda bisa komunikasikan dengan perantara/pemilik untuk melakukan survey bersama-sama (join survey) dan berdiskusi serta tanya jawab langsung di lokasi.
  3. Survey bersama, komunikasikan untuk bisa bertemu pemilik/penjual di lokasi. Hal ini penting untuk menggali informasi langsung dengan pemilik/pembeli. Menanyakan hal-hal penting yang berkaitan dengan properti yang akan diperjual-belikan. Mintakan copy dokumen untuk anda pelajari selanjutnya. Jika bangunan sudah jadi, tanyakan kepada pemilik kapan dibangun, periksa seluruh ruangan. Yang paling kritikak adalah memeriksa kondisi atap, tembok, kamar mandi, dapur, sistem drainase, sistem air bersih, sirkulasi udara, jaringan listrik, sistem pencahayaan, dll.
  4. Status tanah, memeriksa status tanah dan bangunan penting sebelum menyetujui kesepakatan harga. Bagaimana dengan status tanah, apakah berstatus petok D, PPAT, SHGB atau SHM. Setiap status memiliki kekuatan hukum yang berbeda-beda. Yang paling tinggi adalah status tanah dan bangunan berupa sertifikat SHM. Jika anda tetap memilih untuk membeli properti tsb. yang bukan berstatus sertifikat SHM, maka akan ada konsekuensi waktu, biaya dan tenaga ekstra di kemudian hari. Pertimbangkan baik-baik konsekunsi dengan matang.
  5. Memeriksa legalitas dokumen, lakukan pemeriksaan legalitas hukum dokumen properti yang sedang anda minati. Sebaiknya datang sendiri ke kantor BPN yang menerbitkan serifikat SHM tempat dimana properti yang akan anda beli. Cek nomor yang tercantum di dalam sertifikat dan pastikan bahwa nomor sertifikat tsb. adalah asli dan tidak bodong. Ha ini untuk mayakinkan kita bahwa tidak ada duplikasi sertifikat nomor tsb. alias sertifikat bodong. Jaman sekarang yang serba canggih dan dengan adanya kemajuan IT yang pesat, apa yang tidak bisa dipalsukan?
  6. Survey harga, lakukan survey harga di sekitar lokasi properti yang anda minati. Pengumpulan beberapa harga dapat dilakukan dengan melalui iklan jual beli online dan informasi tetangga seputar lokasi propert maupun informasi dari teman-teman dekat anda. Survey harga ini dimaksudkan agar anda memiliki komparasi rentang harga terendah hingga harga tertinggi di lokasi properti. Dengan mengetahui rentang harga tertinggi dan terendah, anda bisa memperkirakan dan menentukan  patokan harga properti anda.
  7. Lakukan negosiasi, setelah anda memiliki referensi harga, anda dengan leluasa dapat bernegosiasi dengan perantara/penjual. Biasanya negosiasi berlangsung alot. Siapa yang berkepentingan, apakah anda sebagai pembeli memang “ngebet” ingin memiliki property tsb. ataukah pemilik/penjual yang kebetulan membutuhkan dana untuk keperluan lain.
  8. Kesepakatan harga, setelah memiliki referensi harga sebagai pembanding, anda dapat dengan leluasa melakukan negosiasi dengan pemilik/penjual. Anda sudah memiliki patokan harga terendah dan harga tertinggi. Dengan demikian anda dengan leluasa dapat melakukan negosiasi. Anda dapat segera memutuskan berapa prosen penurunan harga yang anda inginkan dan segera anda putuskan. Biasanya penjual juga akan mempertimbangkan penurunan harga sampai ambang batas bawah yang dipatok oleh penjual. Jika ingin segera mendapatkan harga yang pasti, tentukanlah harga yang moderat, yaitu selisih harga yang diminta pembeIi dengan harga yang diminta oleh penjual dibagi dua. Sehingga didapatkan harga tengah yang saling menguntungkan atau win-win solution.
  9. Termin Pembayaran, untuk pembayaran ada beberapa jenis antara lain: tunai keras (hard cash), tunai bertahap atau kredit berjangka (KPR). Jika anda memiliki dana cukup, lakukan tunai keras. Apabila anda ingin mengatur arus kas (cash flow), lakukan dengan cara tunai bertahap dalam tenor yang disepakati (3 bulan atau 6 bulan). Untuk tunai bertahap, biasanya penjual ingin segera mendapatkan dana penuh secepatnya sehingga meminta kepada pembeli segera melunasi.
  10. Notaris, sebaiknya memilih atau menunjuk notaris yang berpraktek di sekitar atau dekat lokasi. Notaris bisa usulan dari pihak pembeli atau oleh pihak penjual ataupun oleh notaris yang disepakati bersama-sama oleh kedua belah pihak. Hal ini akan menguntungkan anda mengingat notaris tsb. biasanya sudah pernah menangani jual beli sebelumnya di sekitar lokasi yang sama. Anda dapat mencari informasi notaris di sekitar lokasi properti yang akan dijual melalui online.
  11. Menandatangani PJB dan atau AJB, penting untuk bersama-sama hadir, baik dari pihak pembeli maupun pihak penjual menanda-tangani PJB jika pembayaran secara bertahap atau menandatangani AJB jika pembayaran dengan tunai dihadapan notaris. Diusahakan penjual yang namanya tercantum dalam sertifikat dapat hadir langsung atau pihak yang dikuasakan dengan membawa dan menunjukan surat kuasa dari penjual. Minta para ahli waris pihak penjual untuk hadir menanda-tangani PJB ataupun AJB untuk menghindari konflik dan klaim atapun gugatan oleh pihak ahli waris di kemudian hari.
  12. Baliknama sertifikat, segera lakukan secara bersamaan baliknama sertifikat. Memang ada biaya tambahan diluar biaya notaris dan BPHTB untuk biaya balik nama. Biaya balik nama tidaklah mahal dibandingkan dengan jika anda harus meluangkan waktu, tenaga dan biaya ekstra yang harus anda keluarkan apabila baliknama serifikat anda lakukan setelah AJB selesai.

PENUTUP

Beberapa hal-hal tsb. diatas mungkin saja berbeda pada setiap orang dan pada setiap transaksi jual beli properti. Namun setidaknya anda mendapatkan gambaran langkah-langkah apa saja yang harus anda siapkan agar transaksi dapat berjalan lancar dan aspek legal kepemilikan property anda terjamin. Sehingga anda tidak sia-sia mengeluarkan dana yang begitu besar dalam meraih impian anda untuk memiliki property yang anda idam-idamkan. Jauh yang lebih penting adalah, kewaspadaan kita terhadap aksi-aksi oknum yang tidak bertanggung-jawab yang merugikan anda. Risiko-risiko yang kecil maupun yang besar dapat anda hindari dalam bertransaksi di bidang property. [All Right Reserved]

Denpasar, 15 Maret 2020

Bagikan informasi tentang Dua Belas Langkah Dalam Membeli Property kepada teman atau kerabat Anda.

Artikel ditulis oleh
Suka membaca dan menulis tapi kesulitan membuat tulisan, menikmati travelling tapi waktu dan finansial terbatas, senang seni lukis tapi ga bisa melukis, Alumni Teknik Mesin ITS Surabaya (S1) dan MM-UGM Yogyakarta (S2)

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Dijual Tanah Di Buana Kubu Den...

Tanah Dijual di Denpasar
Harga Hubungi Kami Nego
  • L.Tanah: 300 m2
  • L. Bangunan: 0 m2
  • K. Tidur: 0
  • K. Mandi: 0

Rumah 2 Lantai Dekat Dengan Ru...

Rumah Dijual di Surabaya
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 78 m2
  • L. Bangunan: 82 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 2

Akan Dibangun dan Disewakan Vi...

Rumah Disewakan di Malang
Harga Hubungi Kami/tahun

Dijual Rumah Idaman Murah Posi...

Rumah Dijual di Tabanan
Rp 950.000.000 Nego
  • L.Tanah: 201 m2
  • L. Bangunan: 70 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 1

DIJUAL TANAH UNTUK RUKO DI TAN...

Tanah Dijual di Bontang
Rp 1.600.000.000
  • L.Tanah: 11.5 x (23-22.65) m2
  • L. Bangunan: - m2
  • K. Tidur: -
  • K. Mandi: -

Jual Beli Tanah Kavlingan Loka...

Tanah Dijual di Malang
Rp 100.000.000

www.asriman.com

@ALL RIGHT RESERVED - MARET 2020 ASTERYA FLAT RESIDENCE
Flag Counter

E-mail

untuk INFORMASI lebih detail
silakan kirim email anda ke grahaoka2020@gmail.com

SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!